Sukses

Topan Nesat Datang, 300 Ribu Warga Dievakuasi

Untuk menghindari jatuhnya korban jiwa akibat badai tropis nesat yang membawa hujan lebat, Cina mengavakuasi 300 ribu warganya.

Liputan6.com, Haikou-Cina: Topan nesat yang telah menyebabkan 35 orang di Filipina tewas, kini dalam perjalanan ke selatan Cina. Untuk menghindari jatuhnya korban jiwa akibat badai tropis nesat, Cina mengavakuasi sekitar 300 ribu orang di provinsi pulau paling selatan, Kamis (29/9).

Kecepatan angin saat berada di Cina mencapai 42 meter per detik di Wenchang. Selain itu, badai tersebut juga disertai hujan lebat sempat melanda kota di timur Hainan. Akibatnya, 57.738 orang dievaluasi dari daerah yang rawan bencana, termasuk daerah dataran rendah. Menurut biro meteorologi provinsi, curah hujan di kota-kota di 72 provinsi melebihi 100 mm.

Chen Cheng, Wakil Gubernur Hainan, memerintahkan semua perahu nelayan untuk kembali ke pelabuhan dan para nelayan dilarang melaut. Sejauh ini, total 27.223 perahu nelayan telah ditarik ke pelabuhan.

Sebelumnya, topan telah membuat warga Hong Kong menutup pasar, sekolah, dan kegiatan bisnis di salah satu pusat keuangan terpenting di Asia [baca: Lewati Hong Kong, Nesat Bergerak ke Cina].(Xinhua/ULF)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini