Sukses

Lewati Hong Kong, Nesat Bergerak ke Cina

Setelah melewati Filipina yang menewaskan 35 orang, topan itu juga terpaksa membuat warga Hong Kong menutup pasar, sekolah, dan kegiatan bisnis di salah satu pusat keuangan terpenting di Asia.

Liputan6.com, Hong Kong: Topan Nesat dilaporkan telah melewati Hong Kong pada Kamis (29/9) pagi waktu setempat tadi. Setelah melewati Filipina yang menewaskan 35 orang, topan itu juga terpaksa membuat warga Hong Kong menutup pasar, sekolah, dan kegiatan bisnis di salah satu pusat keuangan terpenting di Asia [baca: Giliran Hong Kong Diterjang Topan Nesat].

Kantor pemerintahan dan sekolah diperkirakan akan tetap ditutup pada pagi tadi setelah topan Nesat membuat jalan melewati Hong Kong dalam perjalanan ke selatan Cina, yang diprediksikan akan menyapu Pulau Hainan. "Pasar keuangan Hong Kong akan ditutup untuk sesi pagi karena topan Nesat," kata bursa saham Hong Kong dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Pada pukul 01.00 GMT, Nesat berpusat sekitar 350 kilometer (220 mil) barat daya Hong Kong, dengan angin berkecepatan hingga 116 kilometer per jam. Siklon tropis ini sebelumnya pada Selasa lalu sudah melanda Filipina, yang menimbulkan kerugian di sektor pertanian mencapai 100,3 juta peso (atau US$ 2,3 juta).

Tidak ada kematian yang dilaporkan di Hong Kong, tapi televisi lokal memperlihatkan gambar setidaknya dua orang dirawat di rumah sakit setelah terhantam puing yang jatuh akibat dari angin kencang di Kowloon.

Pihak maskapai penerbangan Hong Kong, Cathay Pacific, mengatakan semua penerbangan menuju dan dari Hong Kong beroperasi seperti biasa. Situs Bandara Internasional Hong Kong juga menunjukkan setidaknya 40 penerbangan telah ditunda. Terminal feri yang menghubungkan Hong Kong ke Makau, Cina bagian selatan dan pinggiran pulau juga ditutup.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini