Sukses

Pansus Century Uji Kekuatan Mitra Koalisi

Proses di Pansus Century DPR akan berujung perpecahan koalisi atau justru melahirkan politik dagang sapi di antara anggota koalisi. Sejauh ini Golkar, PAN dan PPP sudah menegaskan bahwa sikap mereka tidak akan berubah.

Liputan6.com, Jakarta: Proses yang terjadi di Panitia Khusus (Pansus) Century DPR berbuntut pada isu retaknya mitra koalisi pendukung pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Ini terlihat dalam pandangan awal fraksi terkait kasus Century. Hanya Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa yang menyatakan tidak ada masalah dalam kebijakan tersebut. Sementara empat fraksi mitra koalisi, seperti Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan ada masalah dalam kebijakan bailout.

Sejauh ini Golkar, PAN dan PPP sudah menegaskan bahwa sikap mereka tidak akan berubah. Bahkan Golkar dan PAN menegaskan tidak masalah jika kemudian terjadi pergantian menteri yang berasal dari mitra koalisi. "Tak ada urusan dengan koalisi," kata Agun Gunanjar Sudarsa, anggota Pansus Century dari Fraksi Golkar [baca: Pandangan Pansus Century Terpecah].

Namun peluang membangun kembali kesepakatan di antara sesama mitra koalisi muncul dari PKS. Partai ini menginginkan agar ada pertemuan partai mitra koalisi untuk membicarakan konsensus.

Sementara itu, dalam pandangan pengamat politik Ichsanuddin Noorsy, jika kinerja Pansus kemudian dikaitkan dengan reshuffle kabinet maka koalisi menjadi murahan. Hal itu memperlihatkan koalisi tersebut tidak memimilik tujuan besar ke depan.(IAN)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini