Sukses

Pandangan Pansus Century Terpecah

Terjadi perpecahan pandangan masing-masing fraksi di DPR yang tergabung dalam Pansus Century. PD mendukung kebijakan pemerintah memberi dana talangan. PKS dan Golkar menilai ada penyimpangan.

Liputan6.com, Jakarta: Terjadi perpecahan pandangan masing-masing fraksi di DPR yang tergabung dalam Panitia Khusus Hak Angket Bank Century. Saat menyampaikan kesimpulan sementara di Jakarta, Senin (8/2), Fraksi Partai Demokrat mendukung kebijakan pemerintah memberi dana talangan (bailout) Rp 6,7 triliun kepada Bank Century yang kini menjadi Bank Mutiara.

Namun Partai Golongan Karya dan Partai Keadilan Sejahtera, mitra koalisi di pemerintahan, menilai ada penyimpangan. Kesimpulan yang sama diutarakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. PDIP menyimpulkan, bailout terindikasi korupsi.

Sikap tak jauh beda nampaknya akan disuarakan Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Hati Nurani Rakyat. Sedangkan fraksi Partai Amanat Nasional yang dikenal pro pemerintah memilih sikap yang aman. PAN meminta Pansus mengusut aliran dana Century. Sementara Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Kebangkitan Bangsa diperkirakan mengambil langkah sama.

Sampai kini penyampaian pandangan terus berlangsung. Meski belum seluruh fraksi selesai membacakan pandangan, dari kesimpulan yang muncul mengindikasikan ada yang tidak beres dengan persoalan Bank Century. Kesimpulan sementara ini disampaikan setelah hampir dua bulan Pansus Hak Angket Century bekerja.

Sikap ini bukan keputusan final. Karena nantinya Pansus Century hanya menyerahkan kesimpulan akhir kepada pimpinan DPR melalui mekanisme musyawarah mufakat. Atau dengan cara pemungutan suara. Dan jika pilihannya adalah melalui suara terbanyak, maka masyarakat tak akan sulit menebak ujung dari Pansus Century ini.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini