Sukses

Asap Hitam Kembali Muncul di Reaktor Nuklir

Asap hitam kembali mengepul dari unit tiga reaktor PLTN Fukushima Daiichi, Jepang. Belum diketahui penyebab kepulan asap itu.

Liputan6.com, Fukushima: Di tengah upaya mendinginkan reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir atau PLTN Fukushima Daiichi, Jepang, asap hitam kembali mengepul dari unit tiga reaktor tersebut. Belum diketahui penyebab kepulan asap itu. Munculnya kepulan asep memicu evakuasi sementara seluruh pekerja dari kompleks PLTN, Rabu (23/3).

Berbagai cara sudah dilakukan pengelola PLTN Fukushima Daiichi guna mendinginkan reaktornya yang memanas dan mencegah radiasi keluar. Dari petugas pemadam kebakaran yang turun langsung ke PLTN, pesawat penyiram air, dan terakhir kemarin lengan robotik mulai digunakan untuk menyiramkan air ke reaktor. Tapi, kebocoran bahan radioaktif tetap terjadi [baca: Upaya Mendinginkan Reaktor Nuklir Berlanjut].

Di Tokyo, level pencemaran radioaktif iodine di persediaan air dua kali lebih tinggi dari batas aman. Warga Tokyo pun mulai membeli dan menimbun air minum kemasan lebih banyak dari biasanya. Ini langkah preventif bagi warga menghadapi kemungkinan berkurangnya pasokan air minum yang aman. Apalagi, air keran yang tercemar radiasi tidak aman buat diminum oleh bayi, meski masih bisa digunakan untuk mandi.

Pemerintah Daerah Tokyo telah meminta warga tetap tenang karena level pencemaran radioaktif iodine pada air minum saat ini tidak menimbulkan bahaya langsung bagi anak-anak dan orang dewasa.

Selain air minum, cemaran radiasi bagan radioaktif sudah terdapat pada beberapa jenis sayuran dari daerah sekitar PLTN Fukushima, yakni bayam, canola, daun bunga serunai, brokoli, dan parsley, susu, serta bahan makanan laut. Untuk saat ini, warga Jepang tampaknya akan menghindari menyantap menu ikan mentah, seperti sushi dan sashimi.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.