Sukses

Australia Kirim Tim SAR ke Selandia Baru

Tim SAR Australia hendak membantu pihak berwenang Selandia Baru menyusul gempa bumi besar yang mengguncang negara tersebut.

Liputan6.com, Canberra: Pemerintah Australia akan mengirim tim penyelamat (SAR) ke Christchurch, Selandia Baru. Tim SAR Australia hendak membantu pihak berwenang Selandia Baru menyusul gempa bumi 6,3 skala Richter yang mengguncang negara tersebut pada Selasa (22/2) ini.

Seperti dilansir Xinhua, Perdana Menteri Australia Julia Gillard telah berbicara langsung dengan PM Selandia Baru John Key. Gillard mengatakan, Australia akan memberikan bantuan yang diminta oleh Selandia Baru dan segera mengirim tim SAR.

"Ada kemungkinan banyak pencarian yang harus dilakukan di bawah reruntuhan. Saya juga sudah melihat tayangan di internet, banyak gedung tinggi yang sudah menjadi reruntuhan dan banyak orang berlarian dengan darah di wajah dan kepala mereka. Kabar duka ini sangat mengejutkan." kata Gillard kepada parlemen di Canberra.

Stasiun televisi Australia, ABC, melaporkan gempa berkekuatan 6,3 SR mengguncang dekat Kota Christchurch pada kedalaman yang dangkal hanya empat kilometer, hari ini pukul 12.51 waktu setempat atau pukul 06.51 WIB. Gempa itu mengguncang saat waktu sibuk makan siang [baca: Banyak Orang Terjebak Usai Gempa Selandia Baru].

Polisi Selandia Baru saat ini masih sibuk mengevakuasi Central City. Dengan beberapa kematian dan kecelakaan dilaporkan di beberapa lokasi, termasuk dua buss hancur oleh bangunan runtuh. Namun, hingga saat ini jumlah korban tewas dan terluka masih belum dapat dipastikan.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini