Sukses

Banyak Orang Terjebak Usai Gempa Selandia Baru

Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter (SR) mengguncang kota terbesar kedua di Selandia Baru, Christchurch

Liputan6.com, Sydney: Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter (SR) mengguncang kota terbesar kedua di Selandia Baru, Christchurch.  Banyak orang terjebak di dalam bangunan di kota Christchurch, Selandia Baru.

Gempa tersebut mengakibatkan kerusakan luas dan memutus pasokan listrik. "Kuat sekali. Kami tak tahu apakah ada orang di bawah puing ini," kata seorang tokoh agama yang berdiri di luar reruntuhan satu katedral kepada stasiun televisi Selandia Baru, Selasa (22/2).

Gempa ini merupakan kali kedua dalam lima bulan.  Gempa tersebut merobohkan bangunan, dan merenggut "banyak korban jiwa", memerangkap banyak orang di bawah puing dan memicu kebakaran.

Stasiun TV lokal memperlihatkan banyak orang dikeluarkan dari bawah puing di seluruh pusat kota, kendati tak jelas apakah ada yang masih hidup. Tapi polisi melaporkan "banyak korban jiwa" setelah gempa dengan kekuatan 6,3 pada skala Richter mengguncang saat waktu sibuk makan siang.

Tak seperti gempa yang lebih kuat pada tahun lalu, yang mengguncang pada pagi hari, ketika kantor, toko dan jalan-jalan di kota tesebut kosong.

Gempa itu mengguncang pukul 12.51 waktu setempat, Selasa atau pukul 06.51 WIB pada kedalaman hanya empat kilometer, demikian laporan Jejaring US. Geological Survey. "Aku tak tahu apakah ada orang di bawah reruntuhan," kata tokoh agama.(Reuters/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.