Sukses

Gumpalan Abu Vulkanik Terus Meningkat

Gumpalan awan abu vulkanik akibat letusan Gunung Eyjafjallajokull belum menampakkan tanda-tanda akan berhenti. Debu sisa letusan sangat membahayakan terutama bagi mesin pesawat terbang.

Liputan6.com, Islandia: Gumpalan awan abu vulkanik akibat letusan Gunung Eyjafjallajokull di Islandia, menunjukkan intensitas yang terus meningkat, Sabtu (17/4). Menurut data ahli meterologis setempat, gumpalan abu vulkanik pekat yang keluar dari kawah meningkat menjadi hampir satu kilometer.
 
Angin mendorong abu vulkanik ke selatan dan ke arah timur hingga wilayah Inggris, Irlandia, Scandinavia, dan Eropa Tengah.
Ilmuwan Islandia mengungkapkan debu sisa letusan sangat membahayakan terutama bagi mesin pesawat terbang. Pengamat cuaca memperkirakan angin sedang serta banyaknya lapisan gletser yang belum mencair membuat situasi ini belum akan berubah hingga beberapa hari mendatang.

Peristiwa ini berdampak langsung pada jadwal penerbangan lintas dunia dan turut berdampak pada sektor bisnis internasional. Prancis memperpanjang penutupan bandar udara hingga besok pagi. Beberapa negara lainnya, seperti Inggris dan Jerman menutup bandaranya paling tidak hingga pagi ini. Situasi ini memaksa para penumpang untuk beralih ke moda transportasi darat dan laut [baca: Jalur Penerbangan Eropa Nyaris Lumpuh].(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.