Sukses

Jalur Penerbangan Eropa Nyaris Lumpuh

Akibat letusan Gunung Eyjafjallajokull di Islandia, jalur penerbangan di sejumlah negara di Eropa, terganggu. Karena gumpalan awan abu vulkanik masih memenuhi langit Eropa. Akibatnya, jutaan penumpang pesawat telantar.

Liputan6.com, Islandia: Gumpalan awan abu vulkanik akibat letusan Gunung Eyjafjallajokull di Islandia berdampak buruk pada pelayanan transportasi udara. Sejumlah Negara Eropa, masih menerapkan larangan terbang untuk mengantipasi kecelakaan. Hingga Sabtu (17/4), awan abu vulkanik letusan Gunung Eyjafjallajokull dilaporkan terus bergerak ke Rusia, hingga ke selatan Hongaria [baca: Aktivitas Gunung Berapi Batalkan Penerbangan].

Akibatnya, sejumlah bandar udara di kawasan Eropa ditutup sementara. Jadwal penerbangan lintas dunia kacau balau, 28 ribu penerbangan dibatalkan. Praktis, jutaan penumpang telantar di bandara. Bisnis perdagangan, dan sektor pariwisata, juga merugi akibat abu vulkanik dari gunung berapi di Islandia, tersebut. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti jatuhnya korban jiwa akibat letusan gunung yang mencairkan gletser dan menimbulkan banjir di selatan Islandia.(ARL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.