Sukses

Kepala Rutan Mako Brimob Dicopot

Terkait beredarnya foto mafia pajak Gayus Tambunan dalam pertandingan internasional tenis di Bali, kepolisian mencopot Kepala Rutan Mako Brimob dan delapan penjaga lainnya. Mereka terbukti lalai dalam tugas.

Liputan6.com, Jakarta: Mafia pajak Gayus Tambunan terus berulah dan kembali menyeret aparat penegak hukum. Tak hanya dalam skandalnya, namun dalam masa tahanan pun mantan pegawai golongan tiga Direktorat Jenderal Pajak ini, masih dapat bebas berkeliaran hingga berwisata ke Bali. Gayus sempat menyaksikan pertandingan tenis antara Daniela Hantuchova dan Yanina Wickmayer di Nusa Dua, Bali, Jumat lalu, seperti diabadikan fotografer Kompas Agus Susanto.
 
Benar atau tidaknya foto itu, berdasarkan hasil pemeriksaan pelanggaran disiplin yang digelar Propam Mabes Polri, Selasa (9/11), Kepala Rutan Mako Brimob Komisaris Polisi Iwan Siswanto dan delapan penjaga rutan remsi dicopot. Mereka terbukti bersalah dan lalai atas penyalahgunaan hak cuti tahanan Gayus [baca: Sembilan Penjaga Rutan Masih Diperiksa].

Foto-foto mirip Gayus bidikan Agus Susanto dibanding wajah asli saat hadir di persidangan memang sangat mirip. Bedanya karena sang lelaki ini berkacamata dan menggunakan rambut yang diduga palsu. Bahkan Gayus sempat memotret dirinya dengan telepon genggam dan sesekali memperbaiki rambut dan kacamatanya.

Tentu jalan-jalannya Gayus ini bukan gratisan jika benar bisa keluyuran di luar tahanan. Dan jika terbukti ini makin menguatkan dugaan publik bahwa sebagian aparat kita memang bisa disogok. Hukum pun bisa diperjualbelikan asal ada uang di tangan.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.