Sukses

Presiden: Kita Kehilangan Salah Satu Menteri Terbaik

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan Indonesia kehilangan salah satu menteri terbaiknya setelah dirinya menyetujui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menduduki posisi Managing Director Bank Dunia.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, dengan menyetujui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menduduki posisi Managing Director Bank Dunia, Indonesia telah kehilangan salah satu menteri terbaiknya. "Kita kehilangan salah satu menteri terbaik," kata Presiden Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/5), dalam sebuah keterangan pers khusus [baca: Presiden Setujui Sri Mulyani di Bank Dunia].

Menurut Presiden Yudhoyono, selaku Menkeu, Sri Mulyani telah bekerja keras untuk mengembangkan kebijakan fiskal yang tepat dan gigih melakukan reformasi di bidang keuangan. Antara lain mendisiplinkan penggunaan anggaran, termasuk akuntabilitas pertanggungjawaban anggaran. Sri Mulyani juga mereformasi di bidang perpajakan. "Hasilnya pendapatan pajak meningkat signifikan," kata Presiden SBY. Selain itu, Sri Menkeu juga dipandang sebagai ujung tombak dalam diplomasi tingkat internasional, terutama forum G20 dan forum lainnya.

Meski kehilangan, Presiden Yudhoyono menyadari peran dan tugas sebagai Managing Director juga amat penting. "Saya berharap ibu Sri Mulyani bisa memperkuat Bank Dunia serta menjadi jembatan antara Bank Dunia dan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia," ucap Presiden.

Soal pengganti Sri Mulyani, Presiden SBY berharap tetap menjalankan kebijakan pemerintah yang mengendepankan makro ekonomi dan fiskal yang pruden sebagai landasan atas perekonomian serta dunia usaha di Indonesia. Presiden SBY juga menegaskan reformasi di bidang keuangan, perpajakan, dan bea cukai akan tetap dilanjutkan. Selain itu, peran di G20 dan forum-forum internasional lainnya juga akan kita tingkatkan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.