Sukses

Jenazah Kelly Kwalik Diterbangkan ke Jayapura

Pihak Rumah Sakit Bhayangkara Kepolisian Daerah Papua akan mengidentifikasi DNA (asam deoksiribonukleat) jenazah tersebut guna memastikan yang bersangkutan merupakan Kelly Kwalik.

Liputan6.com, Timika: Jenazah yang diduga Kelly Kwalik, Rabu (16/12) sekitar pukul 14.20 WIT, diterbangkan dari Timika ke Jayapura, Papua, dengan menggunakan pesawat Merpati Nusantara Airlines. Seperti diberitakan ANTARA, pihak Rumah Sakit Bhayangkara Kepolisian Daerah Papua akan mengidentifikasi DNA (asam deoksiribonukleat) jenazah tersebut guna memastikan yang bersangkutan merupakan Kelly Kwalik.

Turut mengantar jenazah tersebut Wakil Kepala Polda Papua Brigadir Jenderal Syafei Aksal, Wakil Komandan Satuan Brigade Mobil Polda Papua Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Godhelp C. Mansnembra, dan sejumlah perwira tinggi dari Polda Papua. Rabu (16/12) pagi, Wakapolda Papua bersama beberapa petinggi Polda Papua melihat jenazah tersebut di Klinik AEA Freeport, Kuala Kencana, sebelum dibawa ke Bandar Udara Mozes Kilangin, Timika.

Sementara itu, ratusan laki-laki dan perempuan sejak pagi hingga siang terus berdatangan ke Kantor DPRD Mimika di Timika. Massa yang sebagian besar merupakan warga suku Amungme itu menuntut Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP Mohammad Sagi mengantar jenazah Kelly Kwalik ke Kantor DPRD Mimika dan membebaskan lima warga yang diamankan di Markas Komando Brimob Detasemen B Polda Papua di Timika. "Kami akan tetap menduduki Kantor DPRD Mimika sampai jenazah Kelly dibawa pulang ke Timika," kata Agus Timang.

Lima warga yang belum diketahui identitasnya itu ditangkap bersamaan saat penggerebekan Kelly Kwalik di bilangan Gorong-gorong Timika, sekitar pukul 03.00 WIT tadi. Massa mengancam akan menduduki Bandara Mozes Kilangin, Timika, dan membuat kerusuhan di Kota Timika. Terutama, bila jenazah Kelly tidak segera diserahkan ke keluarga dan lima warga yang ditangkap tak segera dibebaskan.

Kelly Kwalik yang merupakan pemimpin tertinggi Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) diduga tewas tertembak. Kelly tewas dalam sebuah penyergapan oleh Tim Gabungan Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri dan Polda Papua serta Brimob Detasemen B Polda Papua, dini hari tadi [baca: Kelly Kwalik Diduga Tewas Tertembak].

Secara terpisah, juru bicara Polda Papua Komisaris Besar Polisis Agus Rianto memastikan sosok jenazah berjenis kelamin laki-laki yang diterbangkan ke Jayapura itu merupakan Kelly Kwalik. Korban meninggal setelah pangkal paha kirinya tertembus peluru aparat dan korban tidak bisa tertolong karena kehabisan darah.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.