Sukses

Melchias: Kesimpulan Pansus Kemungkinan Tak Akan Bulat

Anggota Pansus Angket Bank Century DPR dari Fraksi Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng, menyatakan, kemungkinan kesimpulan Pansus tidak akan bulat.

Liputan6.com, Jakarta: Melchias Markus Mekeng, anggota Panitia Khusus Angket Bank Century DPR dari Fraksi Partai Golkar, mengaku kesimpulan akhir Pansus tak akan jauh berbeda dengan pandangan awal dan akhir fraksi. Itu artinya kemungkinan kesimpulan Pansus tidak akan bulat. "Jika begitu ada mekanismenya. Bisa saja dilakukan voting," kata Melchias dalam perbicangannya dengan SCTV, belum lama ini.

Fraksi Golkar, kata Melchias, tetap menginginkan orang yang mengambil keputusan tetap harus bertanggungjawab. Mengenai sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terhadap persoalan tersebut, menurut dia, kasus Century adalah proses panjang dan melelahkan. Presiden kemungkinan tidak mengetahui secara detail teknisnya [baca: Bisa Terjadi Keajaiban di Paripurna Century].

Sementara itu, Stefanus Susanto, pelaku pasar modal, menyatakan lega karena diberi kesempatan untuk berbicara. Selama ini para pelaku pasar modal adalah pihak yang terkena dampak langsung dari permasalahan Century. "Meski begitu kami tak pernah diberi kesempatan berbicara. Suara kami tak pernah didengar," kata Stefanus yang menilai perjalanan Pansus ibarat sinetron. "Pansus seperti menyandera masa depan kami," imbuhnya.

Menurut Stefanus, pelaku pasar modal cemas dengan kesimpulan yang akan diambil Pansus. Dia menilai kebijakan yang diambil Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tak perlu dipersoalkan.

Namun, Melchias menolak penilaian bahwa Pansus menyandera pelaku pasar modal. Menurut dia, Pansus bekerja untuk kepentingan semua pihak, bukan hanya pasar modal. "Justru pelaku pasar modal mengambil keuntungan dibalik kejadian ini," katanya.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.