Sukses

Mendiknas: Ujian Nasional Bisa Diulang

Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh menyatakan, Ujian Nasional ulangan tidak masalah untuk dilakukan. Terutama, bila di sebuah sekolah terbukti siswa mencontek secara massal.

Liputan6.com, Surabaya: Kasus mencontek massal yang berlangsung di Sekolah Dasar Negeri Gadel II, Surabaya, Jawa Timur, saat Ujian Nasional pada jenjang sekolah dasar mendapat tanggapan pemerintah. Saat berada di Kampus Universitas Airlangga, Surabaya, Selasa (14/6), Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh menjelaskan kebijakan mengulang Ujian Nasional bukanlah sesuatu yang baru. Sesuai aturan yang ada, menurut Mendiknas, jika siswa mencontek secara bersama-sama, maka pelaksanaan ujian harus diulang.

Hanya saja, menurut sang menteri, ujian ulangan tidak perlu dalam skala lebih luas. Cukup di sekolah yang diduga terjadi mencontek massal dan pelaksananya adalah Dinas Pendidikan Jawa Timur [baca: Mendiknas Rekomendasikan UN SDN Gadel II Diulang].

Kendati demikian, menurut Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Suhadi, pihaknya belum bisa melaksanakan Ujian Nasional ulangan di SDN Gadel II. Ia beralasan belum ada persetujuan dari pihak wali kota.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.