Sukses

Maskapai Tak Beroperasi, Wisman Menginap di Bandara

Sejumlah wisatawan mancanegara memilih menginap di bandara bila maskapai belum juga beroperasi. Mereka berharap kondisi segera pulih dan jadwal penerbangan normal kembali.

Liputan6.com, Tangerang: Zufri bingung. Wisatawan asal Malaysia itu hingga Ahad (7/11) petang masih berada di Bandar Udara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Hal ini terjadi karena maskapai yang ditumpanginya masih membatalkan jadwal keberangkatan.

Jika malam ini pesawat tak juga berangkat, Zufri memilih bermalam di bandara. "Tidur di sini. Kalau tidak berangkat juga, ya tidur di sini lagi," ujar Zufri, yang berniat pulang kembali Malaysia.

Zufri tak sendiri. Ada banyak calon penumpang yang senasib dengannya. Seorang di antaranya Ani, warga negara Indonesia, yang berniat terbang ke Dubai. Dia pun mengalami penundaan penerbangan. "Sedih aja. Dari rumah mau naik pesawat, sampai sini tidak bisa," ujar Ani.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebelas maskapai membatalkan jadwal penerbangan dari maupun ke Indonesia. Namun, hari ini jumlah tersebut berkurang karena sudah ada maskapai yang melayani penumpang. "Sudah berangsur-angsur pulih. Kami berharap bisa melakukan koordinasi lagi dengan customer terkait masalah tersebut," kata Hary Cahyono, Sekper PT Angkasa Pura II.

Hari ini beberapa maskapai penerbangan yang tercatat membatalkan penerbangannya antara lain Air Asia, Malaysia Air, Philipines Airline, Value Air, Brunei Air, Emirates Airline, KLM, dan Lufthansa. Sedangkan maskapai Singapore Airline dan Cathay Pacific sudah mulai melayani penumpang [baca: Sejumlah Maskapai Asing Belum Beroperasi di Soeta].(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.