Sukses

Banyak Alat Pendeteksi Tsunami Rusak

Salah satu alat penting untuk memberikan peringatan dini saat tsunami adalah buoy. Sayangnya alat ini tidak berfungsi dengan baik termasuk yang berada di kawasan Kepulauan Mentawai.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah peneliti dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah merampungkan perbaikan buoy atau pelampung pendeteksi tsunami yang ada di perairan Indonesia. Hampir semua buoy kini dalam keadaan rusak. Buoy yang tersisa atau berfungsi dengan baik berada di perairan Aceh.

Menurut Iyan Turyana, MT, Chief Engineer BPPT Program Tsunami, alat ini rusak di tengah laut karena kerapkali jadi korban tangan-tangan jahil [baca: Pendeteksi Tsunami Kerap Dicuri].

Beberapa buoy diangkut sebelum tsunami di Mentawai, Sumatra Barat terjadi. Setelah dua bulan alat ini akan diangkut kembali ke Pulau Siberut, gugusan Kepulauan Mentawai.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini