Sukses

PBB Akan Kukuhkan Batik Milik Indonesia

Jika berjalan sesuai rencana, 2 Oktober mendatang, PBB lewat UNESCO akan mengukuhkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Jika berjalan sesuai rencana, 2 Oktober mendatang, PBB lewat United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization atau UNESCO akan mengukuhkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia. "Insya Allah akan disahkan dalam dua hari ini," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh, di Jakarta, Rabu (30/9) siang. Pemberian sertifikat pengesahan batik sebagai representasi budaya Indonesia, akan dilakukan dalam sidang UNESCO di Abu Dhabi [baca: Batik Milik Indonesia]

Atas pengakuan itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat berpesta batik pada 2 Oktober mendatang. "Saya ajak rakyat Indonesia di mana pun berada agar kita menggunakan batik pada tanggal 2 Oktober," kata Presiden [baca: SBY Ajak Rakyat Pesta Batik 2 Oktober]

Namun seandainya tidak terjadi, pemerintah akan memperjuangkan agar keberadaan batik Indonesia masuk dalam daftar budaya tak benda warisan dunia. Ini memperkuat legitimasi Indonesia dalam pengembangan batik. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.