Sukses

SBY Ajak Rakyat Pesta Batik 2 Oktober

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat berpesta batik pada 2 Oktober mendatang, bersamaan dengan akan diumumkannya batik sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia oleh UNESCO.

Liputan6.com, Boston: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat berpesta batik pada 2 Oktober mendatang, bersamaan dengan akan diumumkannya batik sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia oleh UNESCO. Ajakan itu dilemparkan Presiden saat berdialog dengan ratusan mahasiswa dan anggota masyarakat Indonesia di Boston, Amerika Serikat, Sabtu (26/9) waktu setempat.

"Saya ajak rakyat Indonesia di mana pun berada agar kita menggunakan batik pada tanggal 2 Oktober," kata Presiden, seperti dilansir ANTARA.

Pada acara temu muka itu, Presiden, Ibu Negara Ani Yudhoyono, para menteri dan anggota rombongan Presiden hadir dengan mengenakan batik. Demikian pula dengan sebagian besar masyarakat dan mahasiswa Indonesia.

Menurut SBY, pesta batik perlu dilakukan agar dunia semakin tahu bahwa seni kain batik memang berasal Indonesia, yang mulai dikembangkan pada zaman Majapahit pada abad ke-14.

UNESCO sebelumnya telah mengakui keris dan wayang sebagai warisan budaya dari Indonesia. Berkaitan dengan itu, SBY juga menjanjikan bahwa pemerintah akan mendaftarkan angklung untuk mendapat pengakuan yang sama dari UNESCO. Ia meminta masyarakat, terutama kalangan muda, untuk terus mengembangkan, mempelajari dan memainkan musik angklung.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.