Sukses

Gunung Berapi Tungurahua Meletus Lagi

Gunung berapi Tungurahua di Ekuador dilaporkan meletus lagi. Gunung berapi tersebut bergejolak, Selasa (21/8), sejak letusan terakhirnya pada 2010 silam.

Liputan6.com, Quito: Gunung berapi Tungurahua di Ekuador dilaporkan meletus lagi. Gunung berapi tersebut bergejolak, Selasa (21/8), sejak letusan terakhirnya pada 2010 silam. [baca: Gunung Tungurahua Kembali Keluarkan Material Panas].

Gunung tersebut juga telah memuntahkan material panasnya seperti lava, abu, dan material piroklastik lainnya ke udara sejak akhir pekan.
 
Seperti diwartakan laman online Vancouver, meningkatnya aktivitas gunung berapi Tungurahua telah membuat pihak berwenang melakukan proses evakuasi terhadap penduduk yang tinggal di dekat gunung berapi itu. Sejauh ini sebanyak 110 keluarga telah dievakuasi, untuk menjauhi gunung berapi yang telah aktif sejak Oktober 1999.
 
Juru bicara Mercedes Taipe dari Institut Geofisika Ekuador mengatakan, semburan uap dan abu dari gunung berapi setinggi 5.023 meter yang berada sekitar 135 kilometer tenggara dari Quito itu mencapai jarak hingga 4 kilometer. Peristiwa tersebut merupakan tanda bahwa letusan gunung sangat kuat. Akibat semburan tersebut, sebanyak setengah lusin desa tertutup abu vullkanik. Meski demikian pemerintah belum dapat memperkirakan total kerugian yang mereka alami, akibat kerusakan yang berdampak pada lahan pertanian lokal.

Pada bulan Juli dan Agustus 2006, letusan Tungurahua menewaskan sedikitnya empat orang. Sementara dua orang lain dilaporkan hilang dan ribuan warga terpaksa dievakuasi demi keamanan mereka. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.