Sukses

PM Jepang Kunjungi Cina

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengunjungi Cina akan bertemu Perdana Menteri Wen Jiabao dan Presiden Hu Jintao secara terpisah.

Liputan6.com, Beijing: Terkait kebangkitan Korea Utara pascakematian Presiden Kim Jong-il, Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengunjungi Cina. Kunjungan dalam rangka menjalin hubungan bilateral antarkedua negara, Ahad (25/12). Dilansir laman NHK, Noda dijadwalkan berada di Jepang selama dua hari sejak hari ini.

Noda akan bertemu Perdana Menteri Wen Jiabao dan Presiden Hu Jintao secara terpisah. Dengan kunjungan ini, Noda berharap Jepang dan Cina akan saling bekerja sama menjaga kestabilan Semenanjung Korea. Ia akan meminta Cina membantu menyelesaikan masalah Jepang dengan Korut terkait penculikan warga Jepang pada masa silam [baca: Jepang Turut Berbelasungkawa].

Pada kesempatan itu Noda berencana membeli surat obligasi mata uang Yuan milik Cina sebagai upaya membentuk hubungan strategis yang saling menguntungkan. Pria kelahiran 20 Mei 1957 itu Noda juga akan membicarakan kerja sama dalam bidang maritim terkait insiden tabrakan kapal laut di Laut Cina Timur dekat Pulau Senkaku Jepang.

Selain itu, politikus Partai Demokratik ini meminta Perdana Menteri Wen mengatur penyewaan Panda Cina ke kebun binatang di timur laut Jepang. Panda diharapkan dapat menghibur pengunjung kebun binatang yang merupakan korban gempa Jepang pada Maret silam.(RZK/NHK/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini