Sukses

Rizal Mallarangeng Dilaporkan ke Polisi

Menuding capres Jusuf Kalla sebagai penyebar isu istri cawapres Boediono beragama Katolik, Rizal Mallarangeng dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

Liputan6.com, Jakarta: Bidang advokasi dan hukum pemenangan pemilihan presiden Jusuf Kalla-Wiranto, Jumat (26/6), melaporkan Rizal Mallarangeng ke Kepolisian Daerah Metro Jaya atas pernyataannya di sejumlah media. Anggota tim kampanye Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono itu dituding telah menuduh calon presiden Jusuf Kalla menyebarkan isu soal Herawati, istri Boediono, yang beragama Katolik, seperti dikutip dalam selebaran artikel tabloid Indonesia Monitor. Sehingga Kalla dianggap telah melakukan kampanye hitam atau black campaign.

Kasus ini berawal 24 Juni lalu ketika Kalla berorasi di Asrama Haji, Medan, Sumatra Utara, beredar selebaran yang berisi isu pribadi mengenai kepercayaan Herawati serta tudingan Boediono merupakan antek asing. Tim kampanye SBY-Boediono sendiri sudah melaporkan dugaan kampanye hitam ini ke Badan Pengawas Pemilihan Umum. Selebaran itu dinilai melanggar Undang-undang Pemilu nomor 42 tahun 2008 pasal 41 ayat 1 [baca: Tim Sukses JK-Win Dilaporkan ke Bawaslu].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.