Sukses

Jerman Ingin Eropa Jadi Bos IMF Berikutnya

Kanselir Jerman Angela Merkel mengemukakan pendapatnya tentang keinginannya agar Eropa menjadi pemimpin Dana Moneter Internasional berikutnya menyusul pengunduran diri Dominique Strauss-Kahn karena tersandung kasus pelecehan seksual.

Liputan6.com, Berlin: Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss-Kahn tersandung kasus pelecehan seksual hingga kemudian mengundurkan diri. Berbagai pertanyaan mengenai pengganti Strauss-Kahn pun menyeruak. Kanselir Jerman Angela Merkel, misalnya. Di Berlin, Kamis (19/5), Merkel menyatakan keinginannya agar Eropa menjadi pemimpin IMF berikutnya [baca: Strauss-Kahn Berhenti dari IMF].

"Saya berpendapat jika pengganti Strauss-Kahn kemungkinan besar berasal dari Eropa. Saya tidak akan menyebut atau menunjuk siapa orangnya. Lebih baik kita membahas hal itu dalam pertemuan Uni Eropa karena sangat penting bahwa kita dapat menemukan solusi dengan cepat," ungkap Merkel seperti dilansir Xinhua.

Pendapat Merkel berdasarkan keterlibatan IMF dalam mengatasi krisis utang di kawasan Eropa. Dan, membutuhkan Eropa untuk menjadi agennya secara langsung. Merkel juga melihat cengkeraman Eropa dalam bidang ekonomi semakin kehilangan kontak. Ia berharap jika bos IMF berasal dari Eropa, maka kawasan itu bisa mendapatkan pengaruhnya kembali dalam bidang ekonomi.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini