Sukses

Fatah-Hamas Sepakat Bentuk Pemerintahan Baru

Setelah menggelar dua hari perundingan di Kairo, Mesir, faksi Fatah dan kelompok Hamas, mencapai kesepakatan membentuk pemerintahan baru Palestina.

Liputan6.com, Kairo: Dua kekuatan utama politik di Palestina, faksi Fatah dan kelompok Hamas, telah mencapai kesepakatan membentuk pemerintahan baru. Ini setelah mereka menggelar dua hari perundingan di Kairo, Mesir.

Seperti diwartakan kantor berita resmi MENA, baru-baru ini, Fatah dan Hamas mengadakan pertemuan intensif di bawah mediator Mesir untuk bekerja dan fokus dalam kesepakatan tersebut. Hal itu dilakukan dalam rangka melaksanakan rekonsiliasi Palestina yang ditandatangani pada 4 Mei silam.

"Pertemuan itu positif dan tercermin kerja sama serta pemahaman untuk mengakhiri perpecahan secepat mungkin," kata pernyataan resmi yang dikutip MENA.

Selain itu, Fatah, Hamas, dan faksi Palestina besar lainnya juga telah merundingkan semua isu-isu kontroversial. ini termasuk pengaturan pemilu, pembentukan pemerintah sementara, dan restrukturisasi pasukan keamanan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu pekan pertama bulan ini, Fatah dan Hamas berdamai. Kedua kelompok ini mengakhiri konflik internal selama bertahun-tahun. Adalah Mesir yang bertindak sebagai mediator rekonsiliasi tersebut [baca: Akhirnya, Fatah dan Hamas Berdamai].(ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.