Sukses

Kemenangan Merkel Turut Dongkrak Saham Eropa

Pasar-pasar saham utama Eropa mengalami "rally" kuat pada Senin waktu setempat karena didorong oleh kemenangan Kanselir Jerman Angela Merkel. Hasil ini pun telah meningkatkan optimisme ekonomi di wilayah Eropa.

Liputan6.com, London: Pasar-pasar saham utama Eropa mengalami "rally" kuat pada Senin waktu setempat karena didorong oleh kemenangan pemilihan umum koalisi yang ramah bisnis di Jerman dan pengambilalihan perusahaan di Amerika Serikat. Demikian dikatakan sejumlah analis di Eropa seperti dilansir ANTARA, Selasa (29/9).

"Pasar menyambut pemilihan yang memenangkan Kanselir Jerman Angela Merkel telah meningkatkan optimisme ekonomi," kata Frederic Rozier, seorang pedagang dari Meeschaert Gestion Privee. Selain itu, Frederic berpendapat, mayoritas yang cukup jelas telah meningkatkan kemampuan Merkel untuk mempertahankan kebijakan. Terutama, langkah-langkah pemerintah yang kuat untuk menstimulus ekonomi terbesar di Eropa itu.

Di London, indeks FTSE 100 dari saham-saham terkemuka ditutup 1,64 persen lebih tinggi pada 5.165,7 poin. Sementara di Paris, indeks CAC 40 melompat 2,30 persen menjadi 3.825,00 poin setelah jatuh pada Jumat lalu. Sedangkan indeks DJ Euro Stoxx 50 saham utama zona Euro melonjak 2,37 persen menjadi 2,899.12 poin.

Selain itu, indeks DAX di Frankfurt naik 2,78 persen menjadi 5,736.31 setelah terpilihnya kembali Merkel pada Ahad kemarin. Hal ini memperingatkan kerja keras Jerman ke depan untuk menyelesaikan ekonomi yang dilanda krisis dan masalah lain. Bahkan perusahaan energi terbesar Jerman EON sahamnya melambung dengan 4,50 persen menjadi 29,40 euro pada penutupan di Frankfurt.

Sebelumnya, Ahad silam, Kanselir Jerman Angela Merkel dipastikan menduduki kembali jabatannya selama empat tahun ke depan menyusul kemenangan partainya di pemilu legislatif Jerman. Dari penghitungan suara sementara, Partai Kristen Demokrat (CDU) milik Merkel meraup 33,8 persen suara. Sementara Partai Demokrat Merdeka (CSU) yang menjadi koalisi Merkel meraih 15 persen suara [baca: Angela Merkel Kembali Jabat Kanselir Jerman].(UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini