Sukses

Angela Merkel Kembali Jabat Kanselir Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel dipastikan menduduki kembali jabatannya empat tahun ke depan menyusul kemenangan partainya di pemilu legislatif Jerman.

Liputan6.com, Berlin: Kanselir Jerman Angela Merkel dipastikan menduduki kembali jabatannya selama empat tahun ke depan menyusul kemenangan partainya di pemilu legislatif Jerman, Ahad (27/9) waktu setempat. Dari penghitungan suara sementara, Partai Kristen Demokrat (CDU) milik Merkel yang berhaluan tengah kanan meraup 33,8 persen suara. Sementara Partai Demokrat Merdeka (CSU) yang menjadi koalisi Merkel meraih 15 persen suara.

Suasana di markas koalisi CDU-CSU sontak penuh kegembiraan saat Merkel mengucapkan rasa terima kasih kepada pendukungnya. Dengan perolehan suara 48 persen sudah cukup bagi Merkel untuk meneruskan kembali jabatannya selama empat tahun mendatang.

Merkel diharapkan dapat membangkitkan kembali perekonomian Jerman yang masih lesu. Sejumlah janji kampanye seperti menghapus pengangguran, pembangunan reaktor nuklir pada 2020, serta program pemotongan pajak penghasilan telah menunggunya di depan mata.

Di lain pihak, kesedihan menyelimuti pendukung Partai Sosial Demokrat (SDP). Partai pimpinan Frank Walter Steinmeier tersebut harus mengakui kekalahan setelah hanya mendulang suara sebanyak 23 persen. Kendati demikian Steinmeir berjanji untuk menjadi oposisi yang kuat.

Pemilu Jerman kali ini dibayangi oleh kekhawatiran masalah keamanan, menyusul peringatan Taliban yang mengancam Jerman untuk segera menarik seluruh tentaranya dari Afganistan [baca: Jelang Pemilu, Jerman Diancam Taliban].(TES/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini