Sukses

Sehat Berkat Arisan WC ala Sumadi

Ide sederhana untuk menggalakkan hidup sehat dengan sanitasi yang baik bagi warga, membuat Sumadi terpilih meraih penghargaan Liputan6 Awards untuk kategori Pemberdayaan Masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta: Ide sederhana untuk menggalakkan hidup sehat dengan sanitasi yang baik bagi warga, membuat Sumadi terpilih menjadi peraih penghargaan Liputan6 Awards untuk Kategori Pemberdayaan Masyarakat di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (20/5) malam.
 
Dalam sambutannya, Sumadi mengungkapkan keprihatinannya terhadap warga desa yang tidak memiliki sarana sanitasi seperti WC. Ia berharap warga bisa memiliki sarana sanitasi yang layak tapi murah. Ia pun menggagas Arisan WC yang mungkin tak pernah terbayang dalam benak orang lain. Berbekal dengan modal sendiri yang dilanjutkan kerja sama dengan koperasi, bank dan asuransi pun dijalaninya secara bertahap meski dengan susah payah. 
 
Setelah 10 tahun visi Sumadi terwujud. Budaya hidup dengan sarana sanitasi sehat merebak di Kabupaten Nganjuk. Dampak karya Sumadi bukan hanya meningkatkan taraf kesehatan, limbah manusia pun bisa diolah jadi pupuk sampai biogas hingga punya nilai ekonomis. 
 
Sumadi yang berprofesi sebagai penyuluh kesehatan di Nganjuk, Jawa Timur, itu pun berhasil mengubah pola pikir warga untuk hidup sehat. Ia pun menargetkan 6.000 WC terpasang di berbagai desa tahun depan. Baginya kesehatan merupakan hal penting [baca: Arisan WC Ala Sumadi].(ADI/ADO)
 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini