Sukses

Pemadaman Listrik Bergilir Harusnya Bisa Dihindari

Pemadaman listrik begilir di wilayah Jakarta dan sekitarnya pascakebakaran gardu Cawang dua pekan silam sebenarnya bisa dihindari jika PLN memenuhi jaringan listrik sesuai aturan.

Liputan6.com, Jakarta: Pascaterbakarnya gardu listrik induk milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Cawang, Jakarta Timur, akhir bulan lalu, membuat wilayah Jakarta dan sekitarnya terkena pemadaman bergilir [baca: Siap-siap, Pemadaman Bergilir Selama Lima Hari]. Padahal menurut pakar listrik dan elektro Universitas Indonesia Profesor Rudy Setiabudi, di Jakarta Rabu (9/10), pemadaman listrik bergilir bisa dihindari asalkan PLN memenuhi jaringan listrik sesuai aturan.

Menurut Rudy, bisa jadi ada dua kemungkinan yang menyebabkan PLN harus melakukan pemadaman bergilir pascakebakaran gardu Cawang. Pertama, PLN tidak memiliki travo cadangan atau butuh waktu untuk memasangnya. Kedua, PLN tidak memiliki alat yang memadai.

Kenyataannya, meskipun PLN tidak kekurangan daya listrik, tapi jika ada kerusakan pada jaringan, tetap saja PLN tidak bisa menyalurkan listrik. Berita selengkapnya dapat disimak di video.(BJK/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.