Sukses

Pemadaman Bergilir Masih Dilakukan di Jakarta

Pemadaman akan dilakukan secara bergilir mulai 30 September, 1-2 Oktober, 5-6 Oktober 2009, untuk kawasan Jakarta. Untuk mengantisipasinya, Pihak PLN menyediakan genset darurat di sejumlah instalasi penting yang tidak memiliki dukungan genset, seperti di RS, puskesmas, dan kantor polisi.

Liputan6.com, Jakarta: Manajer Distribusi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) dan Tangerang, Widodo Budi Nugroho di Jakarta, Rabu (30/9) mengatakan, pihaknya telah menyediakan genset darurat di sejumlah instalasi penting yang tidak memiliki dukungan genset, seperti di rumah sakit, puskesmas, dan kantor polisi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak dari pemadaman bergilir yang akan diberlakukan mulai 30 September, 1-2 Oktober, 5-6 Oktober 2009. Dengan pembagian waktu antara pukul 08.00-12.00 WIB, 13.00-17.00 WIB, dan 18.00-22.00 WIB.

"Kami juga sedang menyiapkan genset untuk mengatasi lampu lalu lintas yang padam dan masih berkoordinasi dengan DLLAJ (Dinas Lalu lintas dan Angkutan Jalan)," kata Widodo seperti dilansir ANTARA. Rencananya, PT PLN Disjaya dan Tangerang masih akan melakukan pemadaman listrik di sebagian wilayah Jakarta menyusul terbakarnya trafo di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cawang, Jakarta Timur, pada Selasa (29/9) siang [baca: Gardu Induk Terbakar, Sebagian Jakarta Padam Listrik].

Sesuai data di situs www.plnjaya.co.id, wilayah pemadaman akibat terbakarnya trafo GITET Cawang dan juga gangguan di instalasi Kembangan, Jakarta Barat pada 27 September 2009 lalu, meliputi kawasan Gambir di Jakarta Pusat. Kawasan Kuningan dan Mampang di Jakarta Selatan. kawasan Pulomas, Cawang, Cililitan di Jakarta Timur. Wilayah Jakarta Barat, sebagian Tangerang, Teluk Naga, dan Cileduk.

Seperti diketahui, kemarin siang sekitar pukul 13.27 WIB, satu trafo di GITET Cawang, Jaktim, terbakar dan menyebabkan sebagian wilayah di Jakarta mengalami pemadaman listrik. Sebanyak 11 Gardu Induk (GI) pada mengalami pemadaman sehingga tidak dapat memasok listrik ke masyarakat.

Kesebelas GI tersebut adalah Cawang Baru, Cipinang, Pulomas, Gambir, Manggarai, Durentiga, Mampang, Abadi Guna Papan, Danayasa, Karet Lama, dan Taman Rasuna. Kendati demikian, kejadian ini tidak mempengaruhi jaringan listrik di sistem Jawa-Bali. Pihak PLN bersama instansi terkait hingga kini masih menyelidiki penyebab kebakaran di salah satu trafo GITET Cawang. Selengkapnya, simak video berita ini.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.