Sukses

Halo Nusantara! SCTV Selalu Menyapa Anda

Tak mudah bagi SCTV untuk bisa memancarkan siaran ke daerah. Persoalan berbentur pada amanat Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran dan Peraturan Pemerintah No. 50/2005 tentang Lembaga Penyiaran Swasta. Aturan menyebutkan, tidak ada lagi istilah TV nasional.

Liputan6.com, Jakarta: Memiliki nama besar sebagai televisi nasional tidak menjamin SCTV dikenal seluruh lapisan masyarakat. Namun keinginan kuat untuk menyapa penonton di seluruh provinsi membuat stasiun televisi ini berevolusi. Ya, setidaknya itu harapan SCTV yang kini menginjak masa 20 tahun berkarya.

Menengok sekilas ke belakang, SCTV mengudara untuk kali pertama di Surabaya, Jawa Timur, 1990. Ketika itu, masih menjadi stasiun televisi regional. Seiring berjalannya waktu, SCTV bertumbuh pesat dan memantapkan diri sebagai televisi swasta nasional yang berbasis di Jakarta.

Pengembangan konten siaran TV yang kreatif dan berkelanjutan menjadi kunci keberhasilan SCTV hingga mendapat tempat di hati penonton. Di bawah bendera PT Surya Citra Media, Tbk., program acara SCTV pun makin bertambah banyak. Meski demikian, bukan tanpa hambatan lho hingga akhirnya tayangan-tayangan SCTV bisa diterima di 230 kota di Indonesia.

Sedikit berbagi...

Tak mudah bagi SCTV untuk bisa memancarkan siaran ke daerah. Persoalan berbentur pada amanat Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran dan Peraturan Pemerintah No. 50/2005 tentang Lembaga Penyiaran Swasta. Aturan menyebutkan, tidak ada lagi istilah TV nasional. Jika TV swasta bersiaran ke wilayah lain, maka harus bekerja sama dengan TV setempat atau membuat jaringan sendiri di wilayah tersebut.

Disebutkan pula bahwa setiap televisi swasta nasional yang hendak memperluas jangkauan siaran mesti memasukkan 10 persen konten lokal. Artinya, agar bisa tayang di daerah luar Jakarta, SCTV harus menyajikan siaran yang mengedepankan informasi terkait daerah tersebut. Lalu bagaimana SCTV menyikapinya?

Opsi kedua menjadi pilihan, membuat jaringan sendiri. Sebanyak 15 perusahaan mendukung operasional siaran sistem berjaring SCTV di 26 provinsi. Kini SCTV melakukan siaran dari 47 stasiun transmisi yang mencakup lebih dari 240 kota.

Setelah Surabaya, Jawa Timur, SCTV menggandeng PT Surya Citra Nugraha sebagai mitra setempat yang mengelola siaran lokal SCTV di Yogyakarta. Kemudian hadir di Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar, melalui PT Surya Citra Dimensi Media. SCTV pun segera bersiaran lokal di Samarinda, Kalimantan Timur, melalui PT Surya Citra Multi Kreasi, sebagai anak usaha.

Anak-anak perusahaan PT Surya Citra Televisi berkembang ke sejumlah provinsi. Terbaru, SCTV akan segera mengudara di Jambi di bawah bendera PT Surya Citra Ceria.

Proses ini masih akan berjalan. Masyarakat di tiap daerah membutuhkan informasi yang merata. Dan, SCTV rindu menjawab kebutuhan tersebut. Dalam rangka ulang tahunnya ke-20, SCTV berkomitmen untuk bisa menjangkau seluruh wilayah Nusantara.

Apakah Anda siap dengan kehadiran kami?(EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.