Sukses

Warga Eks Pengungsi Konflik Aceh Tolak Penggusuran

Ribuan warga yang umumnya pengungsi korban konflik Aceh mendiami tiga desa di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Mereka berkumpul menanti ancaman penggusuran paksa dari Taman Nasional Gunung Leuser.

Liputan6.com, Langkat: Ribuan warga yang umumnya pengungsi korban konflik Aceh mendiami tiga desa di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Yakni, Desa Damar Itam, Desa Sei Minyak dan Desa Barak Induk yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sei Lepan dan Kecamatan Besitang, Langkat. Baru-baru ini, mereka berkumpul menanti ancaman penggusuran paksa dari Taman Nasional Gunung Leuser atau TNGL.

Para eks pengungsi Aceh itu menolak untuk direlokasi karena pihak TNGL hingga saat ini belum bisa membuktikan wilayah yang sekarang mereka tempati masuk dalam areal taman nasional. Menurut mereka, sebelumnya sejumlah pengungsi pernah direlokasi ke Jambi. Ternyata di tempat relokasi tidak disediakan tempat tinggal.

Pihak TNGL sendiri awalnya berencana menggusur secara paksa untuk mengantisipasi kerusakan hutan yang lebih parah. Namun rencana ini dibatalkan demi menghindari terjadinya bentrokan yang berpotensi menimbulkan korban jiwa [baca: Warga Eks Konflik Aceh Berjaga-jaga].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini