Sukses

Tebing Longsor, Satu Rumah Rata

Tebing bukit setinggi 30 meter di Dusun Watu Gedung, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, longsor setelah diguyur hujan nyaris semalaman. Timbunan tanah dan pepohonan membuat satu rumah rata dengan tanah.

Liputan6.com, Bantul: Hujan deras yang mengguyur nyaris semalam membuat sebuah tebing bukit setinggi 30 meter di Dusun Watu Gedung, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sabtu (7/5), longsor. Timbunan tanah serta pepohonan membuat satu rumah rata dengan tanah. Mbah Imah, pemilik rumah yang berusia lanjut, bisa diselamatkan warga sesaat sebelum kejadian.

Longsornya tebing bukit membuat gelombang longsoran yang mencapai radius 300 meter. Untuk diketahui, kawasan Watu Gedug yang berada di daerah perbuktian memang terdapat tebing memanjang dan rawan longsor jika hujan deras berlangsung lama. Namun, warga tetap bertahan meski sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi.

Sementara di Magelang, Jawa Tengah, tiga orang ditemukan tewas dan satu lainnya mengalami luka-luka akibat tertimbun tanah longsor. Ketiga korban tewas adalah Muslimun, 34 tahun, Salamun, 35 tahun, dan Gufron, 40 tahun. Mereka adalah warga Dusun Pakis Tengah, Desa Pakis, Kecamatan Pakis, Magelang.

Longsor terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Ketika itu empat warga sedang memperbaiki saluran air bersih yang berada di sumber mata air lereng Gunung Merbabu. Tiba-tiba tebing setinggi 25 meter runtuh dan langsung menimbun mereka [baca: Longsor Menimbun Tiga Warga Magelang].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.