Sukses

Tekanan Kawah Bromo Makin Kuat

Asap hitam terus mengepul dari kawah Gunung Bromo. Warga harus dievakuasi jika letusan makin dahsyat dan kawah sudah mengeluarkan material.

Liputan6.com, Probolinggo: Asap hitam sepanjang Sabtu (27/11) terus mengepul dari kawah Gunung Bromo. Berdasarkan data dari pos pengamatan Gunung Bromo, tekanan dari kawah kini semakin kuat. Sejak pagi dan siang tercatat ada 69 kali gempa vulkanik dangkal, namun menjelang petang menurun 30 kali.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangannya kepada wartawan menyebutkan, status Gunung Bromo sampai sekarang masih level awas. Terkait dengan itu warga di sekitar Bromo diminta tetap waspada. BNPB dan instansi lainnya sudah menyiapkan jalur evakuasi bagi warga. Evakuasi dilakukan jika letusan makin dahsyat dan kawah sudah mengeluarkan material [baca: BNPB Siapkan Jalur Evakuasi].(IAN)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini