Sukses

BNPB Siapkan Jalur Evakuasi

BNPB telah menyiapkan jalur evakuasi warga dari Dusun Cemorolawang ke sejumlah tempat pengungsian di Sukapura. Para pengungsi dihimbau untuk berhati-hati karena jalur tersebut cukup licin dan berbahaya.

Liputan6.com, Probolinggo: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiapkan jalur evakuasi warga dari Dusun Cemorolawang ke sejumlah tempat pengungsian di Sukapura. Para pengungsi dihimbau untuk berhati-hati karena jalur tersebut cukup licin dan berbahaya.

Direktur Penanganan Darurat BNPB Untung Sarosa memastikan, pihaknya belum akan mengevakuasi warga. Semburan abu vulkanik ke udara dinilai belum terlalu membahayakan. Namun lain ceritanya jika Bromo mengeluarkan material selain abu.

"Jika hujan kerikil mulai turun di kawasan lautan pasir Kaldera, maka kita semua harus mulai mengungsi," ujar Untung saat Konferensi Pers di Media Center Hotel Bromo Permai, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (27/11) siang.

Kepala Kepolisian Resor Probolinggo AKBP Zulfikar Tarius mengungkapkan, faktor keselamatan adalah prioritas utama. Sedikitnya 512 petugas gabungan Tentara Nasional Indonesia dan polisi telah disiagakan di beberapa lokasi di sekitar Bromo. Zulfikar meminta kerja sama semua pihak, termasuk awak media dan para wisatawan.(MRQ/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini