Sukses

Transmigran dari Sleman Tiba di Sambas

Warga lereng Gunung Merapi yang ditransmigrasikan ke Sambas tiba di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalbar. Pemerintah Kabupaten Sambas menyediakan 150 rumah untuk mereka.

Liputan6.com, Sambas: Warga lereng Gunung Merapi yang ditransmigrasikan ke Sambas, Kalimantan Barat kini tiba di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (26/11). Mereka adalah warga dari Desa Sindumartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para transmigran diberangkatkan bertahap. Pemerintah Kabupaten Sambas menyediakan 150 rumah untuk mereka. Sementara hingga kini baru 25 kepala keluarga korban letusan Merapi yang rencananya akan diberangkatkan ke Sambas. Mereka membawa sisa harta benda ke Sambas [baca: Empat Keluarga Lereng Merapi Ditransmigrasikan].

Ada yang mengungsi, ada pula yang bertahan di kampung halaman. Warga Dusun Nganggring dan Sidorejo, Desa Girikerto, Sleman hidup memprihatinkan. Mereka kesulitan air dan kekurangan bahan-bahan pokok serta tak punya uang untuk biaya hidup. Warga harus berutang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Tak punya mata pencaharian warga hanya bisa berharap, pemerintah daerah bisa membantu. Termasuk memberikan biaya sekolah anak-anak mereka.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini