Sukses

Imbas Letusan Merapi Sampai Solo

Letusan Gunung Merapi berupa luncuran awan panas yang terjadi Ahad sore mengakibatkan hujan abu melanda sejumlah wilayah Yogyakarta hingga Solo, Jateng. Sejumlah pengguna kendaraan bermotor pun menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah.

Liputan6.com, Solo: Letusan Gunung Merapi berupa luncuran awan panas yang terjadi pada Ahad (31/10) petang, mengakibatkan hujan abu melanda sejumlah wilayah Yogyakarta hingga Solo, Jawa Tengah. Akibatnya sejumlah pengguna kendaraan bermotor pun menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah demi mengantisipasi gangguan pernapasan [baca: Merapi Kembali "Batuk"].

Hujan abu atau debu vulkanik terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Sejumlah mobil yang melintas di jalanan Kota Solo tampak kotor akibat terkena hujan abu. Pengguna kendaraan bermotor pun harus mengurangi kecepatan kendaraannya karena hujan abu turut mempengaruhi jarak pandang pengendara berkendara.

Kendaraan yang terparkir di tempat terbuka pun terkena abu semburan Merapi yang turun bersamaan dengan rintik hujan. Kendati beberapa waktu sebelumnya telah terjadi hujan abu di wilayah Yogjakarta dan sekitarnya, banyak warga Solo yang tak menyangka hujan abu juga melanda Kota Bengawan.

Adapun wilayah lain yang juga terkena imbas hujan abu adalah kawasan Boyolali Timur, berbatasan dengan Kota Solo. Di kawasan tersebut, hujan abu telah terjadi sejak pukul 16.30 WIB tadi.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.