Sukses

Pendaki AS Ditemukan Selamat

Saat ditemukan, Matthew dalam kondisi bingung tanpa mengantongi bekal makanan. Dia mengaku tersesat setelah mencapai puncak Gunung Semeru.

Liputan6.com, Lumajang: Pendaki gunung asal Amerika Serikat Matthew Namev Alexander ditemukan selamat, setelah sempat dikabarkan hilang di Gunung Semeru. Matthew ditemukan Tim SAR gabungan di dekat pos Kalimati, Senin (30/8) [baca: Pendaki AS Hilang di Puncak Semeru]

Ketua Tim SAR Lumajang Pelda Sugiono menceritakan, Matthew ditemukan saat anggota Tim SAR tengah beristirahat di malam hari. Tiba-tiba terdengar teriakan minta tolong. Setelah dicari ternyata sumber suara berasal dari Matthew.

Menurut Sugiono, Matthew dalam kondisi bingung saat ditemukan. Dia tak mengantongi bekal makanan. Setelah itu, Tim SAR mengevakuasi Matthew ke Pos Ranupane.

"Dia tersesat tidak tahu jalan turun. Makanya saya sering ingatkan bahwa jalan turun itu harus menjadi tanda. Pada saat naik, kita harus kasih tanda, bisa jaket atau apa saja. Nanti turunnya ya lewat situ lagi," kata Sugiono.

Di depan anggota Tim SAR, Matthew mengaku tersesat saat berada di Puncak Semeru. Dia kehilangan jalur dan sempat berusaha turun. Namun, bukannya turun, Matthew hanya berputar-putar di area tersebut.

Setelah sampai di bawah, Matthew langsung dibawa ke Rumah Sakit Dokter Haryoto Lumajang. Dia harus menjalani tes kesehatan. Setelah itu, Matthew akan dibawa ke perwakilan Kedutaan Besar AS di Surabaya.(ULF)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.