Sukses

Lomba Perahu Belang di Sail Banda

Perahu belang adalah bukti sejarah pejuang Banda mengusir penjajah. Saat itu mereka menghadirkan armada yang gesit dan lincah di lautan.

Liputan6.com, Banda Naira: Sail Banda 2010 yang diselenggarakan di Perairan Pulau Banda, Maluku Tengah, sudah dimulai. Pembukaan acara dimeriahkan dengan lomba kora-kora atau perahu belang yang diikuti puluhan perahu dari berbagai desa di Pulau Banda, Ahad (1/8) [baca: Pembukaan Sail Banda Berlangsung Aman]

Lomba kora-kora dengan memulai start di Banda Besar. Sedangkan finis di Banda Naira. Masyarakat dan para tamu dalam dan luar negeri sangat antusias menyaksikan lomba. Apalagi, para peserta menampilkan kora-kora dengan unik dan menarik. Mereka menghiasi perahu dengan berbagai umbul-umbul, sehingga membuat lomba semarak.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad yang menyaksikan lomba mengaku bangga karena masyarakat Banda bersatu padu dan gembira menyambut Sail Banda.

Perahu belang adalah bukti sejarah pejuang Banda mengusir penjajah. Saat itu mereka menghadirkan armada yang gesit dan lincah di lautan. Pulau Banda yang mempunyai kekayaan alam luar biasa memang merupakan pulau yang menggiurkan bagi bangsa Eropa. Pada 1512, bangsa Portugis datang ke pulau ini. Lalu kemudian menyusul Inggris. Setelah Inggris kalah perang melawan Belanda pada 1803, pulau yang kala itu menjadi salah satu pusat perdagangan dunia berpindah tangan kepada Belanda.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini