Sukses

Dilarang ke Jakarta, Buruh Blokir Jalan Tol

Demonstrasi memperingati Hari Buruh Sedunia dilakukan di berbagai daerah. Di Cimahi dan Surabaya, ratusan buruh memblokade jalan sehingga memacetkan lalu lintas.

Liputan6.com, Cimahi: Kesal lantaran dilarang berangkat ke Jakarta untuk memperingati Hati Buruh Sedunia, ratusan buruh menutup pintu masuk jalan Tol Baros, Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (1/5) siang. Dalam aksi selama dua jam, para buruh sempat menghentikan kendaraan yang menuju arah pabrik di Jalan Leuwigajah dan industri Kota Cimahi serta menyuruh turun para karyawan. Para buruh menilai alasan polisi melarang mereka melanjutkan perjalanan karena kendaraan tak laik jalan sebagai alasan yang mengada-ada.

Aksi serupa dilakukan ratusan buruh di Surabaya, Jawa Timur, yang memblokade jalan layang Mayangkara. Aksi menutup dua jalur selama 15 menit mengakibatkan kedaraan tak dapat melintas sama sekali. Para buruh menuntut pemerintah menghapus sistem kerja outsourcing atau alih daya.

Sementara di Semarang, Jawa Tengah, sejumlah buruh memperingati Hari Buruh dengan cara unik. Mereka menggelar acara makan bersama di Bundaran Tugu Muda Semarang. Acara ini diserbu anak-anak jalanan, penjaja koran, geladangan, juga pelajar yang gembira mendapatkan makanan gratis.

Tidak semua buruh turun ke jalan. Sejumlah buruh tetap bekerja di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utaram meski suasana di pelabuhan memang terlihat lebih sepi dari biasanya. Mereka lebih memilih tetap bekerja untuk menafkahi keluarganya [baca: Buruh Blokade Jalan Layang].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.