Sukses

Jenazah Kelly Kwalik Akhirnya Dimakamkan

Setelah tertunda selama dua hari, jenazah panglima tertinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Kelly Kwalik akhirnya dimakamkan di Lapangan Timika Indah, Timika, Papua, siang waktu setempat.

Liputan6.com, Timika: Setelah tertunda selama dua hari, jenazah Kelly Kwalik akhirnya dimakamkan di Lapangan Timika Indah, Timika, Papua, Selasa (22/12) siang waktu Indonesia timur (WIT). Pemakaman jasad panglima tertinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu tertunda akibat terjadi perselisihan pendapat mengenai tempat pemakamannya. Namun setelah disepakati lokasinya, pemakaman juga sempat tertunda lantaran hampir satu hari penuh pengerjaan liang lahat yang dinantikan baru berhasil diselesaikan pada pukul 10.00 WIT [baca: Kelly Kwalik Batal Dimakamkan].

Alhasil, jenazah almarhum yang sebelumnya juga sudah dilakukan ibadah misa arwah (missa requiem), baru dapat dimakamkan pada pukul 14.23 WIT tadi. Jasad Kelik yang rencananya diusung masyarakat dengan berjalan kaki pun tidak terlaksana. Sebab, begitu jenazah hendak diusung, hujan mengguyur Timika. Akhirnya diputuskan untuk membawa jenazah dengan menggunakan ambulans.

Sebelum jenazah dibawa ke tempat pemakaman, salah satu tokoh masyarakat membacakan riwayat hidup pria yang bernama lengkap John Kelly Kwalik kepada seluruh masyarakat. Setelah itu dibacakan pula pernyataan sikap Dewan Adat papua. Pada intinya penembakan yang terjadi di areal pertambangan PT Freeport Indonesia bukan dilakukan oleh Kelly Kwalik. Salah satu butir pernyataan juga menyebutkan agar PT Freeport Indonesia segera ditutup. Karena adanya Freeport di Papua, menimbulkan banyak masalah yang mengakibatkan warga setempat menjadi korban.

Pemakaman Kelly Kwalik diwarnai dengan isak tangis dari keluarga dan warga Papua. Sementara itu, jalur jalan Kota Timika, serta pertokoan dan kantor pemerintah dijaga ketat aparat gabungan TNI dan Polri.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.