Sukses

Kaki Gajah Terus Meluas di Maluku

Penyakit kaki gajah atau filariasis yang sebelumnya hanya ditemukan di Ambon, kini juga melanda sejumlah kabupaten dan kota di Maluku. Di antaranya di Kabupaten Seram bagian barat, Maluku Tengah, Buru, dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Liputan6.com, Ambon: Penyakit kaki gajah atau filariasis yang sebelumnya hanya ditemukan di Ambon, kini dilaporkan juga melanda sejumlah kabupaten dan kota di Maluku. Di antaranya Kabupaten Seram bagian barat, Maluku Tengah, Buru, dan Kabupaten Maluku Tenggara. Kendati demikian, belum diketahui secara pasti jumlah penderitanya hingga Selasa (24/11) ini.

Menurut Kepala Dinkes Ambon dr Fatma Basalamah, penyakit kaki gajah atau filariasis sudah dinyatakan endemis di Ambon. Hal itu diperkuat dengan temuan 184 kasus yang tersebar di kawasan Waehaong, Kudamati, Toisapu, dan Kayu Putih. Kendati demikian mereka baru akan melakukan survei di sejumlah kabupaten pada 2010 mendatang. Alasannya, saat ini Dinkes Ambon belum memiliki anggaran survei.

Untuk mengantisipasi banyaknya penderita penyakit kaki gajah di sejumlah wilayah itu, Dinkes setempat telah memberikan obat secara gratis melalui beberapa pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) [baca: Penderita Kaki Gajah Terus Bertambah].(ASW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini