Sukses

Penerbangan ke Padang Dibuka Kembali

Dephub mengumumkan, penerbangan komersial ke Padang mulai hari ini (1/10) sudah bisa dilakukan. Sedangkan sejumlah infrastruktur pelabuhan masih rusak.

Liputan6.com, Jakarta: Departemen Perhubungan mengumumkan, operasional Minangkabau Internasional Airport (MIA) di Padang, Sumatra Barat, mulai Kamis (1/10) pagi ini sudah bisa melayani penerbangan komersial. "Penutupan dilakukan untuk melakukan pengecekan sarana dan prasarana bandara, apakah aman untuk digunakan penerbangan atau tidak," kata Bambang S. Ervan, Kepala Pusat Komunikasi Publik, Dephub, seperti dikutip ANTARA.

Gempa 7,6 Skala Richter pada Rabu sore di Pariaman dan sekitarnya, mengakibatkan penutupan sementara MIA. Setelah dicek dengan saksama, sejak pukul 21.45 WIB sudah bisa digunakan untuk penerbangan non-komersial yakni pengiriman bantuan logistik dari luar Padang.

Sementara itu, untuk kondisi infratruktur transportasi penting lainnya seperti Pelabuhan Padang, Bambang mengakui, berdasarkan laporan yang diterima memang mengalami sejumlah kerusakan. "Kantor pelabuhan, dermaga dan sejumlah mercu suar juga mengalami kerusakan. Namun, belum bisa dipastikan hingga saat ini aman untuk pelayaran atau tidak," katanya.

Selain itu, yang terpenting adalah jalan akses menuju pelabuhan terputus karena tertimbun bebatuan dan tanah longsoran. "Kami masih koordinasi dengan Menteri PU untuk mengatasi persoalan ini, sehingga jalan bisa dilalui lagi," ujarnya.

Gempa tersebut dilaporkan menelan korban jiwa ratusan orang. Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, Menteri Dalam Negeri Mardiyanto, dan Menteri Perindustrian Fahmi Idris, pagi ini (1/10) telah bertolak ke Padang dengan pesawat khusus melalui Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta [baca: Tiga Menteri Bertolak Ke Lokasi Gempa].(TES/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini