Sukses

Peringatan Lapindo Diwarnai Aksi Teatrikal

Sejumlah seniman dari Jatim dan Yogyakarta menggelar aksi teatrikal untuk memperingati empat tahun munculnya lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, Jatim.

Liputan6.com, Sidoarjo: Sabtu (29/5) ini adalah tepat empat tahun tragedi semburan lumpur Lapindo yang muncul di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Sejumlah seniman dari Jawa Timur dan Yogyakarta menggelar aksi teatrikal untuk memperingati empat tahun lumpur Lapindo.

Mereka juga mengarak boneka Aburizal Bakrie. Dengan diiringi kentongan, boneka Aburizal Bakri, ogoh-ogoh, dan berbagai maca boneka lain, diarak warga dan seniman menyusuri Jalan Raya Porong menuju ke tanggul penahan lumpur di Desa Siring, Porong, Sidoarjo.

Ogoh-ogoh berbentuk gurita melambangkan kekuatan korporasi yang melakukan kesalahan pengeboran. Konvoi kemudian dilanjutkan di atas tanggul semburan lumpur Lapindo, untuk menggambarkan kesengsaraan korban Lapindo.

Usai menggelar aksi teatrikal, ogoh-ogoh berbentuk gurita dilempar ke dalam kolam penampungan lumpur Lapindo. Mereka juga berorasi di atas panggung. Aksi para seniman itu merupakan wujud solidaritas atas kesengsaraan yang dialami korban lumpur Lapindo.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.