Sukses

Lagu "Terang Bulan" Karya Warga AS

Lagu "Terang Bulan" atau "Negaraku", lagu kebangsaan Malaysia, ternyata berasal dari lagu berjudul "Malayan Moon." Lagu tersebut diciptakan warga AS.

Liputan6.com, Jakarta: Dari mana sebenarnya asal lagu Terang Bulan atau Negaraku yang merupakan lagu kebangsaan Malaysia? Menurut Kris Biantoro, kedua lagu tersebut berasal dari lagu berjudul Malayan Moon karya Paul Lombard, seorang warga negara Amerika Serikat. Lagu bergaya Hawaiian ini, kata penyanyi yang juga dikenal sebagai pembawa cara ternama ini, pertama kali didendangkan oleh penciptanya sendiri. Demikian diungkapkan Kris Biantoro kepada SCTV, Senin (31/8).

Lagu Terang Bulan direkam pertama kali oleh Radio Republik Indonesia pada 1956. Lagu itu kemudian digandakan perusahaan rekaman milik negara, Lokananta, pada  1965. Presiden Soekarno dikabarkan pernah memberikan piringan hitam Terang Bulan kepada Malaysia sebagai suvenir pada 1957 [baca: Lagu Kebangsaan Malaysia-Terang Bulan Sama] (BOG/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.