Sukses

Tim Ekspedisi Mahameru Istirahat di Ranu Gembolo

Dalam rangkaian menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-64, Tim Liputan 6 biro Surabaya berekspedisi Mahameru dengan mendaki Gunung Semeru di Lumajang, Jatim.

Liputan6.com, Lumajang: Dalam rangkaian menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-64, Tim Liputan 6 biro Surabaya menggelar ekspedisi Mahameru dengan mendaki Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Dari laporan reporter SCTV yang pada Sabtu (15/8) sudah berada di Ranu Gembolo, Lereng Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Jatim, sekitar 100 tenda sudah dipasang untuk beristirahat. Selama beristirahat di Ranu Gembolo, para peserta mempersiapkan air untuk melanjutkan pendakian yang masih harus menempuh sekitar tujuh sampai delapan jam perjalanan.

Nama Ranu Gembolo berasal dari bahasa Jawa Kuno, yang berarti danau. Gembolo berarti gembala. Konon cerita tentang nama itu berawal dari orang Belanda yang pernah singgah di situ, lalu menjadikan tempat tersebut untuk menggembalakan ternak mereka. Ketinggian Ranu Gembolo sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut.

Di sekitar tempat tenda peristirahatan peserta, terdapat batu yang diperkirakan ada sejak jaman Majapahit. Batu itu menandakan, bahwa pada waktu itu tahun 1400-an, pernah pula dilakukan pendakian.(BJK/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini