Sukses

Menkes Pastikan Virus Flu Babi Ada di Indonesia

Pemerintah memastikan virus H1N1 telah berada di Indonesia. Menteri Kesehatan memastikan dua pasien warga asing yang dirawat di Jakarta dan Bali telah positif mengidap flu babi.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadillah Supari dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (24/6), memastikan virus H1N1 atau flu babi positif telah masuk ke Indonesia. Menurut  Menkes, kepastian ini didasarkan hasil observasi laboratorium Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta dan RS Sanglah, Denpasar, Bali, yang menyatakan pasien mereka positif mengidap flu babi.

Pasien yang dinyatakan positif adalah pilot berkewarganegaraan asing yang baru pulang dari Hongkong, 18 Juni lalu dan turis berkewarganegaraan Inggris yang menetap di Australia. Dengan temuan ini Depkes telah meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan akan penyebaran flu babi [baca: Turis Australia Diduga Terjangkit H1N1].

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia atau WHO sudah menyatakan pandemi flu babi sudah berada di level 6. Ini berarti virus H1N1 sudah menjadi pandemi global. Apalagi, flu babi sudah melanda banyak negara, bahkan pasien yang berada di luar Benua Amerika ada yang meninggal dunia akibat terjangkit virus mematikan tersebut [baca: Korban Meninggal di Skotlandia Buktikan Epidemi Global].(YNI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.