Sukses

Buruh Demo Tuntut Hapus <EM>Outsourcing</EM>

Ribuan buruh di berbagai daerah turun ke jalan menuntut perbaikan nasib. Mereka menolak sistem kerja outsourcing, perbaikan upah, serta mengangkat mereka sebagai karyawan tetap karena sudah bekerja lebih dari dua tahun.

Liputan6.com, Surabaya: Ratusan buruh PT Dharma Anugerah Indah mogok kerja dan berdemo di depan kantor perusahaan di Jalan Margomulyo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (9/7).

Sembari membawa poster berisi tuntutan, mereka meminta pihak manajemen memberi tunjungan hari raya, menghapus sistem kerja outsourcing, serta memberi jaminan kesehatan. Jika tuntutan tak dipenuhi, buruh mengancam akan kembali berdemo dengan jumlah lebih besar.
 
Di Bandung, Jabar, 200 buruh dari Serikat Buruh Seluruh Indonesia berunjuk rasa di depan Gedung Sate. Demonstran menolak peraturan Kemenakertrans Nomor 17 Tahun 2005 maupun rencana revisinya karena tidak akan menjawab tuntutan buruh indonesia selama ini, serta tak mencerminkan upah yang manusiawi.

Sementara itu, ribuan buruh PT Tani Mas Patumbak di Deli Serdang, Sumatera Utara, turun ke jalan menuntut pihak perusahaan agar mengangkat mereka sebagai karyawan tetap lantaran sudah bekerja lebih dari dua tahun.

Upah buruh juga masih jauh di bawah upah minimum sektoral kota. Parahnya, tak ada cuti kerja untuk wanita hamil. Para buruh mengancam akan menginap jika permohonan mereka tidak ditanggapi DPRD Kabupaten Deli Serdang.(ASW/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini