Sukses

Foto Palsu Diunggah Pelaku Berinisial YS

Anggota Komisi I DPR Roy Suryo mengatakan foto-foto palsu kecelakaan Sukhoi Superjet 100 diunggah seseorang berinisial YS melalui akun twitternya. Namun akun itu ditutup pada 12 Mei kemarin.

Liputan6.com, Jakarta: Pakar telematika Roy Suryo menjelaskan perihal foto-foto palsu jatuhnya Sukhoi Superjet 100 yang beredar di dunia maya. Anggota Komisi I DPR RI itu mengatakan foto-foto tersebut diunggah seseorang berinisial YS melalui akun twitternya. Namun akun itu ditutup pada 12 Mei kemarin.

Saat ini, lanjut Roy, YS bermukim di Lampung. "Teknologi informasi tak digunakan untuk menyebarkan kabar bohong. Konsukensinya ada Undang-Undang ITE," tegas Roy di RS Polri Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Ahad (13/5).

Beredarnya foto korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 selama ini di dunia maya adalah palsu. Penyebaran foto-foto itu dinilai meresahkan masyarakat dan keluarga korban.

Roy memastikan, foto-foto yang selama ini beredar seratus persen palsu. Foto-foto diambil dari sebuah situs internet di Brasil yang memang memuat foto-foto korban dari berbagai jenis kecelakaan darat maupun laut.

"Foto korban adalah palsu, itu korban kecelakaan pesawat Airblue di Pakistan pada 2010. Website ini isinya foto korban-korban kecelakaan pesawat, kereta api, dan lainnya," ujar Roy.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.