Sukses

Sukhoi, Pesawat Baru Berkapasitas 95 Penumpang

Pesawat Sukhoi Superjet 100 merupakan jenis pesawat penumpang yang diproduksi perusahaan kongsi antara Rusia dan Italia. Produk yang dihadirkan memiliki dua jenis, yaitu berkapasitas 75 dan 95 penumpang.

Liputan6.com, Jakarta: Pesawat angkut penumpang Sukhoi Superjet 100 memang baru dikenal publik sebagai salah satu pesawat dengan kapasitas di bawah seratus penumpang. Pesawat produksi Rusia ini mulai digunakan melayani penerbangan komersial pada tahun lalu. Untuk saat ini, pesawat jenis ini baru dioperasikan maskapai penerbangan Rusia dan Armenia.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 merupakan jenis pesawat penumpang yang diproduksi perusahaan kongsi antara Rusia dan Italia. Produk yang dihadirkan memiliki dua jenis, yaitu berkapasitas 75 dan 95 penumpang. Superjet 100 dirancang untuk melayani rute jarak pendek dan menengah.

Bersaing dengan Bombardier CRJ yang diproduksi Kanada, dan Embraer hasil karya Brasil, pesawat ini memiliki sistem kendali modern. Pesawat mampu terbang dengan ketinggian maksimum 12 setengah kilometer dan bisa tinggal landas dan mendarat di landasan dengan panjang kurang dari dua ribu meter.

Mulai dikembangkan sejak 2007 lalu, prototipe Superjet ini mulai diterbangkan akhir 2008, dan mendapatkan sertifikasi kelaikan udara dari pemerintah Rusia. Selain itu, sertifikasi kelaikan udara dari Otoritas Keamanan Penerbangan Eropa Juni 2010.

Pesawat Superjet 100 sendiri baru mulai beroperasi melayani penerbangan komersial pada 2011 oleh maskapai penerbangan Armavia dari Armenia. Dan, juga Aeroflot Rusia dengan total jumlah pesawat delapan unit. Sedangkan maskapai penerbangan Indonesia yang memesan pesawat ini adalah Sky Aviation dan Kartika Airlines.(ALI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini