Sukses

Konsolidasi Golkar Jelang Penetapan Capres

Jelang percepatan penentuan calon presiden, Partai Golkar terus melakukan konsolidasi. Meski para politisi senior menentang percepatan ini, sang ketua umum, Aburizal Bakrie, menyatakan sudah siap dicalonkan.

Liputan6.com, Jakarta: Langkah Partai Golkar untuk mempercepat penetapan calon presiden semakin mantap. Sabtu (14/4), partai berlambang pohon beringin ini menggelar konsolidasi di Jakarta untuk mempercepat rapat pimpinan nasional khusus atau rapimnasus Mei mendatang. Rapimnasus akan menetapkan calon presiden untuk bertarung para pemilu presiden 2014 nanti.

Meski sang ketua umum, Aburizal Bakrie, menyerahkan nama calon presiden pada rapimnasus, beredar spekulasi rapimnasus itu sejatinya untuk menetapkan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden. Apalagi, mekanisme konvensi untuk menjaring capres sebanyak mungkin yang pernah dilakukan Golkar sudah pasti ditiadakan.

Masalahnya, suara keberatan justru muncul dari kalangan tokoh-tokoh berpengaruh di Golkar. Akbar Tandjung, misalnya. Ketua dewan pertimbangan yang juga mantan ketua umum Partai Golkar ini mengingatkan Aburizal Bakrie dan dewan pimpinan pusat tidak terburu-buru menentukan calon presiden. Selai itu, ia juga meminta demokrasi internal partai harus diutamakan. Di Golkar memang masih ada beberapa tokoh yang memiliki elektabilitas atau tingkat keterpilihan yang baik.

Sementara pengamat politik J Kristiadi menilai, percepatan rapimnasus adalah bentuk kepanikan sekaligus tindakan untuk menutup akses tokoh lain yang elektabilitasnya lebih tinggi dari Aburizal Bakrie. Misalnya, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sejumlah survei memang menunjukan popularitas Jusuf Kalla dan Akbar Tandjung. Mungkinkah persaingan di tingkat internal inilah yang akan dihindari Partai Golkar?(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini