Sukses

Marzuki Alie: Interpelasi DPR untuk Meluruskan

Interpelasi yang digalang oleh DPR kepada Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan bertujuan untuk meluruskan kebijakan yang dianggap salah kaprah

Liputan6.com, Jakarta: Interpelasi yang digalang oleh DPR kepada Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan bertujuan untuk meluruskan kebijakan yang dianggap salah kaprah. Sebab Dahlan dianggap mendelegasikan kewenangannya yang diatur dalam UU kepada orang yang tidak berwenang.

"Saya melihat sebagai pemikiran rasional. Pahami niat baik teman-teman untuk meluruskan ya bukan mengganggu kerja Dahlan," kata Ketua DPR, Marzuki Alie di DPR, Jakarta, Jumat (13/4).

Menurut Marzuki, kebijakan Dahlan itu sangatlah berbahaya. Pasalnya, kewenangan untuk melepas aset-aset BUMN didelegasikan kepada manajemen perusahaan tersebut. "Membeli saja harus persetujuan pemegang saham, menjualnya kok enggak persetujuan pemegang saham? Itu yang harus diluruskan," katanya.

Dengan persoalan seperti itu, maka DPR yang tugasnya mengawasi, kata Marzuki, mengingatkan menteri terkait. Bila tidak diingatkan, apa gunanya DPR? katanya. Interpelasi, sambung Marzuki, perlu diingatkan tujuannya bukan untuk mendongkel.

"Jangan dianggap interpelasi itu mengganggu kerja. Interpelasi yang betu-betul murni untuk mengingatkan, itu yang bagus. Kalau tidak, itu pembiaran namanya. Ikut juga zalim," katanya. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini